Friday, April 25, 2014

Pengantar Web Science:Membahas kasus hacking bank bitcoin australia

Taken: the operator of an Australian Bitcoin wallet service says hackers made off with more than $1 million worth of customers' coins.
cth.gambar

"Sebuah bank Bitcoin(atau mata uang virtual)  Australia memiliki lebih dari $ 1 juta dollar jika di rupiahkan menjadi RP.11.520.000.000 miliar  telah di-hack, meninggalkan ribuan kerugian pelanggan  termasuk seorang pria yang mengklaim bahwa ia memiliki mata uang virtual untuk membeli rumah dengan pacarnya.

Dugaan hacking terjadi pada tanggal 23-26 Oktober , yang di kenal admin  sebagai " Tradefortress ", mengatakan hacker mencuri semua Bitcoins 4100  atau $ 1.300.000 pada saat penulisan. Bitcoins disimpan di server di Amerika Serikat dan sampai saat ini  ia memutuskan untuk memberitahu pelanggan.

Insiden ini kembali menimbulkan pertanyaan apakah Bitcoin adalah mata uang yang layak, stabil dan aman."

-PANDANGAN PRIVASI:Secara nyata yang namanya bank adalah sistem yang aman dan hanya bisa di akses oleh user dan admin saja,tetapi yang satu ini berbeda ini adalah bitcoin dimana uang ini tidak ada bentuk nyatanya tidak bisa di pegang bentuknya layaknya uang asli seperti dolar,yen,rupiah dll,jadi pada saat transaksi yang kita dapat adalah sebuah data,dan yang namanya data itu dapat dimanipulasi oleh orang yang ahli atau yang mengetahui bug sistemnya,jadi intinya ini tidaklah aman.

-PANDANGAN HACK CIPTA: secara yang saya ketahui curency bitcoin tidak ada hak ciptanya karena ini bersipat global dan transaksinya anonymous,terkecuali dalam pembuatan web nya ada hack cipta desain dll

-PANDANGAN INSTITUSI PENGELOLAAN KEAMANANNYA

menurut saya pengelola sistem kemanan yang namanya bank sudah pastilah bagus dimana mereka bertangung jawab atas data-data nasabah/client nya yang selalu update setiap ada transaksi keluar masuk.

Bitcoin investor Marco Martoccia was going to use his Bitcoins to buy a house with his girlfriend.
Bitcoin investor Marco Martoccia was going to use his Bitcoins to buy a house with his girlfriend. Photo: Supplied


Bitcoin mata uang virtual , bebas dari pemerintah maupun kontrol bank . Transaksi elektronik hampir anonim/tidak diketahui, dengan mata uang yang dibeli dan dijual di bursa online.

SUMBER:

1.http://www.smh.com.au/it-pro/security-it/australian-bitcoin-bank-hacked-1m-stolen-20131108-hv2iv.html
2.http://youtu.be/Um63OQz3bjo



No comments:

Teori Quantum Computing

Pamula 4ia23 55412624 Dosen : Dr. Rina Noviana, SKom,. MMSI Mata Kuliah : Pengantar Komputasi Modern Pengertian  Quant...