Latar
Belakang
Dewasa
ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin cepat, persaingan
global untuk menjadi yang terdepan dalam menguasainya, menjadi suatu keharusan
untuk dicapai. Salah satu teknologi yang semakin pesat perkembangannya adalah computer.
Komputer saat ini, seakan telah menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dan
menjadi kebutuhan primer bagi setiap individu. Dengan computer setiap orang
bisa menyelesaikan pekerjaannya dengan lebih efektif da efisien. Dalam era
modern dengan tigkat kompetisi global yang sangat tinggi, peguasaan teknologi
computer terutama software-software aplikasi menjadi sebuah kebutuhan yang
mutlak. Sehingga diperlukan juga media dan training khusus untuk
mempelajarinya.
DASAR PEMIKIRAN
1.
Sumber daya manusia yang
berkualitas dan produktif merupakan solusi untuk dapat berperan dalam tatanan
kehidupan global yang penuh dengan persaingan, baik antar bangsa maupunantar
individu dalam suatu komunitas.
2.
Salah satu kompetensi yang
dimiliki oleh sumber daya manusia yang berkualiatas adalah penguasaan teknologi
informasi.
3.
Perkembangan teknologi
informasi menyebabkan derasnya arus informasi, hal ini memacu roda kehidupan
pun semakin cepat. Negara-negara pun seolah tanpa batas. Apa yang terjadi di Negara
lain dapat kita saksikan langsung dalam siaran ‘Live’ atau ‘Breaking News’
4.
Sumber daya yang berkualitas
yang mampu menguasai teknologi informasi harus dididik sejak usia dini terlebih
untuk SMP yang melaksanakan program life skill bidang komputer dan Teknologi
informasi,.
5.
Mulai tahun 2012, SMP Negri
Banjarkota mulai menata manajemen denganberbasis IT dengan Program Pengembangan
life skill yang diambil yakni kompetensi keahlian Elektronika Industri.
TUJUAN
Tujuan
dari pembuatan laboratorium komputer adalah :
- Meningkatkan kemampuan dan skill siswa dalam menguasai IPTEK Terkini
- Memberikan Life Skill Trainig yang sangat bermanfaat dalam persaingan global
BATASAN
Dalam hal ini
pengajuan pengadaan laboratorium ditujukan untuk siswa dan siswi serta para
guru sebagai penunjang pembelajaran dan lebih luas dalam memahami teknologi.
IDENTIFIKASI
MASALAH
Dalam
pembuatan laboratorium komputer ini diperlukan tekologi yang tepat guna,
sehingga melalu proposal ini kami tawarkan pembuatan dan perancangan
laboratorium tersebut. Selain itu pula dalam pembuatan jaringan komputer dan maintenance
nya diperlukan keahlian khusus sehigga diharapkan dengan kehadiran kami sebagai
pihak kedua, masalah ini dapat diatasi.
TARGET PROGRAM
Memiliki 1 laboratorium komputer lengkap
dengan perlengkapan Komputer dan jaringan internet
MANFAAT
1.
Menjadi
sarana praktik pembelajaran pengembangan life skill dengan keahlian elektronika
industri sehingga pembelajaran dan praktik berjalan menarik, variatif dan
efektif.
2.
Meningkatkan
penguasan peserta didik terhadap teknologi informatika dan pemprograman
ekomputer dengan mengkombinasikan dengan keahlian elektronika
3.
Menjadi
sarana untuk mengembangkan minat dan bakat peserta didik dalam bidang teknologi
informasi dan elektronika
RENCANA ANGGARAN BIAYA
Untuk pengadaan komputer dan jaringan internet SMP Negri
Banjarkota diperkirakan membutuhkan dana sebesar Rp 95.667,000,00 (terbilang: Sembilan
puluh lima juta rupiah enam ratus enam puluh tujuh ribu rupiah), dengan
spesifikasi dan rincia biaya sebagai berikut :
No
|
Nama Barang
|
Vol Satuan
|
Harga Satuan
|
Jumlah
|
1
|
Pc Server
Spesifikasi :
Xeon X3430, 2GB DDR3-1333 ECC,
500GB HDD SATA, DVD±RW, VGA 64MB, 2x GbE NIC, Tower Case (3-yr warranty)
|
1
|
Rp 7.430.000
|
Rp 7.430.000
|
2
|
Monitor LED - Server
21.5", 1920 x 1080, 5 ms, 5000000:1, 250cd/m², LED
WideScreen
|
1
|
Rp 2.362.500
|
Rp 2.362.500
|
3
|
Pc Client
Spesifikasi :
Intel Atom D425, 1GB DDR3, 250GB
HDD SATA, DVD±RW, VGA Intel GMA 3150, NIC,
|
40
|
Rp 2.049.000
|
Rp 81.960.000
|
4
|
Monitor LCD - Client
18.5", 1366 x 768, 5ms, 10000:1, 200 cd/m²,
WideScreen
|
40
|
Rp 1,071,000
|
Rp 42.840.000
|
5
|
Switch 24 Ports
|
2
|
Rp 1,771,000
|
Rp 3.542.000
|
6
|
Kabel UTP 45
|
2 roll
|
Rp
400.000
|
Rp
800.000
|
7
|
Konektor RJ 45
|
100 buah
|
RP 3.500
|
Rp
350.000
|
8
|
Mouse dan Keyboard
|
41 pasang
|
Rp 85.000
|
Rp
3.485.000
|
9
|
Acces Point Linksys
WAP54G
|
1 buah
|
Rp
950.000
|
Rp
950.000
|
10
|
Printer Epson R235
|
1 buah
|
Rp1,850,000.00
|
Rp 1.850.000
|
11
|
LCD
Projektor
WVGA
(854 x 480)
|
2 buah
|
Rp 3.550.000
|
Rp 7.100.000
|
12
|
Scaner
A4,
4800 x 9600 dpi,
|
1 buah
|
Rp 2000.000
|
2000.000
|
Topologi dan Sistem Operasi
yang digunakan
Topologi
yang akan kami gunakan untuk Laboratorium ini adalah Topolaogi STAR Kerna topologi
star ini memiliki sifat robustness, yaitu jika terjadi kerusakan pada satu
link, maka hanya berakibat pada komputer yang berada pada jalur link itu saja,
sedangkan komputer lainnya tetap aktif
Lalu Sistem operasi
yang akan kita ginakan adalah
·
Windows 2007 server pada Pc
Server
·
Windows Seven pada Pc client
Penutup
Melalui serangkaian kegiatan manajemen lab komputer
yang baik, berupa kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pemeliharaan dan
penanganan berbagai permasalahan secara tepat, diharapkan lab komputer dapat
menjalankan peran dan fungsinya dengan baik, sebagai sarana akselerator bagi
kemajuan proses.
No comments:
Post a Comment