Saturday, May 4, 2013

Macam-Macam Teknik Data Recovery


Di bawah ini adalah beberapa teknik data recovery yang bisa kita terapkan jika kita menghadapi masalah hard disk terutama yang berhubungan dengan physical failure.
Mengganti Circuit Board / PCB
Teknik ini sempat saya coba beberapa tahun lalu ketika hard disk 13Gb saya terbakar. Teknik ini harus dilakukan dengan hati-hati jangan sampai merusak salah satu komponen dalam hard disk.
Mengganti Firmware
Firmware pada hard disk adalah informasi yang digunakan oleh komputer yang mengijinkan komputer itu ‘berkomunikasi’ dengan hard disk. Firmware bisa diganti dengan yang terbaru.
Mengganti Head Stack
Kalau di tape ada yang namanya head, di hard disk juga ada yang namanya head. Di tape biasanya kalau lagu gak jernih, head-nya bisa kita bersihin pake tape-head-cleaner. Tapi kalau head di hard disk bentuknya sangat kecil sekali, seperti chip berukuran kecil yang berada dalam head stack yang dinamakan Preamplifier. Untuk mengganti head stack lebih baik di kerjakan dalam sebuah tempat yang benar-benar secure karena kesalahan kecil bisa menyebabkan kerusakan fatal.
Memindahkan Disk ke Hard Disk Lain
Jika circuit board yang berada di luar hard disk dan komponen-komponen dalam hard disk seperti head stack tadi rusak dan hanya kepingan disk yang masih berfungsi, data recovery bisa dilakukan dengan cara memindahkan disk tersebut ke hard drive lain.
Spin-Stand Testers
Spin-Stand ini digunakan untuk melakukan test terhadap hard disk terutama pada preamplifier dan read channel suppliers agar bisa berfungsi dengan akurat. Tester ini sering dipakai oleh pabrik hard disk.
Magnetic Force Microscopes (MFM)
Magnetic Force Microscopes adalah sebuah tool yang sangat mutakhir untuk high-resolution magnetic imaging dari hampir semua media storage. Data recovery menggunakan Magnetic Force Microscopes ini merupakan data recovery yang canggih, jadi memang harus dilakukan oleh ahlinya.

No comments:

Teori Quantum Computing

Pamula 4ia23 55412624 Dosen : Dr. Rina Noviana, SKom,. MMSI Mata Kuliah : Pengantar Komputasi Modern Pengertian  Quant...