Saturday, May 4, 2013

Intel Virtualization Technology


Intel Virtualization Technology adalah teknologi yang memungkinkan sebuah processor bekerja seperti memiliki beberapa processor yang masing-masing bisa menjalankan operating system yang berbeda beserta program-programnya secara bersamaan.
Virtualization Technology ini sebenarnya bukan hal baru. Dulu pada jaman memakai 486DX2, sebenarnya teknologi ini sudah dikenal. Yang mana saat itu bisa membuat beberapa virtual machine yang menjalankan operating system atau program-program/games under DOS secara bersamaan.
Saat ini ada beberapa software di pasaran yang mampu membuat virtualization technology seperti ini, seperti VMware yang merupakan salah satu software yang paling terkenal. Walaupun kita bisa memanfaatkan software-software seperti VMware untuk virtualization technology ini, menggunakan processor yang memiliki feature virtualization technology ini sebenarnya memberikan keuntungan lebih seperti selain ada banyak instruksi-instruksi baru yang memudahkan pengaturan virtualisasi itu sendiri tentu saja memberikan performance yang lebih baik dibandingkan hanya mengandalkan software.
Mungkin Anda bingung membedakan Virtualization dengan Multitasking atau bahkan dengan Hyperthreading. Pada teknologi multitasking yang berjalan hanya 1 sistem operasi dengan beberapa program yang dijalankan di dalamnya. Pada virtualization technology, kita bisa menjalankan beberapa sistem operasi secara bersamaan dan masing-masing sistem operasi tersebut bisa menjalankan beberapa program. Masing-masing sistem operasi ini berjalan pada Virtual Machine atau Virtual CPU. Sedangkan teknologi hyperthreading mensimulasikan 2 CPU pada 1 CPU yang berfungsi untuk menyeimbangkan performance menggunakan SMP (Symmetric Multi Processing) dan kedua CPU tersebut tidak bisa dipakai secara terpisah.

No comments:

Teori Quantum Computing

Pamula 4ia23 55412624 Dosen : Dr. Rina Noviana, SKom,. MMSI Mata Kuliah : Pengantar Komputasi Modern Pengertian  Quant...